-->
  • Jelajahi

    Copyright © LombokTREND.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Program OSOS Meriahkan HUT RI ke-77

    LombokTrend
    Senin, Agustus 15, 2022, 2:47 PM WIB Last Updated 2022-08-15T06:47:53Z


    Lombok Barat- Dalam rangka memperingati dan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Lombok Barat  menggelar kegiatan lomba festival kreasi tari tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Aula Kantor Dikbud Senin,  (15/8/2022). 


    "Ini merupakan event lomba tari. Kegiatan ini merupakan program One School One Superiority (OSOS) yakni program “satu sekolah satu unggulan”. ungkap M. Yusuf Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


    Dikatakan, untuk menarik minat wisatawan baik wisatawan lokal, nusantara maupun wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke berbagai tujuan destinasi wisata di Lombok Barat, maka sekolah harus memiliki program unggulan.


    "Satu sekolah satu unggulan. Melalui program ini, semua sekolah menengah pertama, baik sekolah Negeri maupun Swasta diharuskan memiliki dan melaksanakan minimal satu program unggulan," katanya.


    Selanjutnya, program pilihan dan menjadi prioritas utama dijadikan unggulan oleh sekolah harus dititikberatkan pada salah satu seni budaya lokal, khususnya seni budaya Sasak Lombok, seperti Gendang Beleq, Gandrung, Rudat, Cilokaq, Zikir Zaman, Kasidah Sasak dan berbagai tari tradisional lainnya yang mencerminkan budaya asli Sasak Lombok. Hal ini dimaksudkan selain untuk menumbuhkembangkan seni budaya lokal kepada masyarakat luas, juga untuk membentuk karakter siswa yang beradab dan bermartabat melalui pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam program OSOS. 


    "Banyak sekali budaya kita. Ini tercermin dari tari yang dipentaskan siswa. Lomba tari ini wujud kepedulian Dikbud dalam melestarikan budaya kita, ungkap Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Panca Surya saat membuka acara tersebut.


    Dikatakannya, program “OSOS” yang menjadi unggulan sekolah bersangkutan tidak bertentangan dengan adat istiadat, kebiasaan dan budaya masyarakat setempat sehingga tidak terjadi penolakan apalagi menimbulkan pertentangan di tengah-tengah masyarakat sekitarnya," katanya seraya menegaskan bahwa sebaliknya akan terjalin hubungan yang mesra dan semakin erat antara warga sekolah dengan warga masyarakat sekitarnya, termasuk dengan Komite Sekolah, Orang Tua Wali Murid dan stake holder pendidikan lainnya.


    Sebanyak 16 sekolah mengutus perwakilan lomba festival tari dan  8 sekolah mengutus perwakilan mengikuti lomba Gendang Beleq dalam memperingati HUT RI ke 77.(sh)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kuliner

    +