-->
  • Jelajahi

    Copyright © LombokTREND.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wisatawan Bisa Menyaksikan Presean Setiap Saat di Semoyang

    LombokTrend
    Kamis, Desember 02, 2021, 8:55 PM WIB Last Updated 2022-03-03T10:40:45Z


    Presean adalah atraksi budaya sasak yang sangat terkenal sehingga di setiap pagelaran peresean, masyarakat bahkan wisatawan selalu berjubel untuk menyaksikannya. Kini presean tidak hanya bisa kita saksikan di saat ada event saja, namun bisa kita saksikan setiap saat.


    Di Dusun Semoyang Kebun Desa Semoyang terdapat padepokan presean yang didirikan agar wisatawan yang berkunjung ke Lombok bisa langsung manyaksikan atraksi budaya tersebut setiap saat.


    Adalah "Padepokan Kebun Surga" berdiri sejak 15 Agustus 1997 diurus oleh pekembar ternama yakni Haji Inggah dan saudaranya Tuselak Marong.


    Mengingat presean diadakan ketika ada acara hari-hari besar dan perayaan, masyarakat Desa Semoyang berpikir agar wisatawan yang berkunjung ke Lombok bisa langsung manyaksikan atraksi budaya tersebut tiap saat maka didirikanlah Padepokan itu.


    Perangkat Desa telah menjadikan Desa Semoyang sebagai tujuan wisata atraksi budaya khususnya presean. Hal ini disambut baik oleh Haji Inggah selaku pengurus Pedepokan.


    "Luar biasa sekali ide itu, untuk mengapresiasi saya sudah siapkan lahan menjadi lapangan untuk dijadikan tempat pertandingan dan pertunjukan Presean kepada wisatawan setiap saat," tutur Haji Inggah di Lombok Tengah, Kamis (2/12/2021).


    Selain itu kata dia ketika wisatawan akan  berkunjung ke padepokan, pepadu ternama yaitu Tuselak Marong akan menjadi pembimbing.


    "Budaya harus kita lestarikan dengan kerja nyata seperti ini, wisatawan tidak akan susah lagi menunggu sampai ada even dan hari besar untuk bisa menyaksikan, Tuselak Marong akan menjadi guide nantinya," ujarnya.


    Untuk diketahui Padepokan ini telah banyak mendapat kunjungan dari luar seperti beberapa waktu lalu dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bali-Nusra. Beberapa perguruan tinggi seperti dari UGM untuk melakukan penelitian, dan wisatawan.


    Haji Inggah mengungkapkan bahwa keberadaan Padepokan ini berdiri dan berjalan mandiri termasuk dalam hal promosi. Bahkan imbuh dia, hiruk pikuk perhelatan Super Bike tak berpengaruh signifikan.


    "Sebenarnya kami berharap ada permintaan pertunjukan Presean sebagai tambahan ataupun selingan selama Super Bike itu," tandasnya.(red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kuliner

    +