-->
  • Jelajahi

    Copyright © LombokTREND.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Perempuan PGRI Harus Ambil Peran Bangun Daerah

    LombokTrend
    Rabu, November 03, 2021, 1:18 PM WIB Last Updated 2021-11-03T05:18:46Z


    Badan Khusus Perempuan (BKP) PGRI Kabupaten Lombok Barat Periode 2021-2025 dilantik, Rabu (3/11/2021). Acara pelantikan dilaksanakan di  Gedung SMKN 1 Gerung  dihadiri Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupatan Lombok Barat sekaligus Ketua TP PKK Lombok Barat  Hj Khaeratun,  Ketua harian Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Baiq Kartini Sekretaris PGRI Kab Lombok Barat Gazir, S.Pd.


    Ketua BKP Provinsi NTB Emilyati, S.Pd. M.Si mengatakan bahwa BKP PGRI Kabupaten Lombok Barat agar menjadi mitra pemerintah bersama organisasi kewanitaan yang ada, membantu program-program pemerintah.  "Perempuan  PGRI harus mengambil peran penting membangun daerah," katannya. 


    Dikatakannya, dari 10 kabupaten/ kota di Provinsi NTB, pengurus BKP Kabupaten Lobar ini merupakan kepengurusan ke- 9  yang sudah dilantik,  1 kabupaten yang belum terbentuk yakni kepengurusan BKP PGRI Kabupaten Lombok Timur. 


    "InsyaAllah bulan Desember ini ,semua pengurus BKP PGRI sudah terbentuk," katanya optimis.


    Menurutnya, terbentuknya BKP PGRI ini merupakan amanat keterlibatan perempuan sebanyak 30 persen. Hal itu tersirat dari Visi BKP PGRI yakni mewujudkan  perempuan  berkomptensi, taguh, inovatif dan setara, sedangkan misinya  yakni meningkatkan pengembangan keterampilan,  sikap dalam aspek kehidupan. 


    "Intinya bagaimana meningkatkan kapasitas perempuan dalam mendorong kepemimpinan perempuan dalam organisasi dan profesi," katanya.


    Guru SMAN 5 Mataram ini lebih lanjut mengatakan bahwa usai pelantikan ini pihaknya langsung menggelar konsolidasi pengurus untuk membahasa program. Program yang sangat relevan saat ini ditengah pandemi Covid 19 ini yakni pengurua BKP PGRI segera membentuk relawan literasi khusus untuk kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar (SD). Pengurus ini nanti fokus untuk menyasar siswa yang ada di pelosok pedesaan.


    "Kita ketahui bersama pandemi ini memberikan dampak terhadap siswa. Masih ada siswa kelas rendah yang belum bisa membaca , berhitung dan menulis.  Ini peran dan tanggungjawab kita bersama untuk menuntaskan itu," katanya.


    Ia berharap relawan BKP PGRI yang sudah terbentuk ini turun langsung ke daerah terpencil menyasar siswa yang belum bisa Calistung. Selain itu, dengan teebentuknya organisasi ini membantu pemerintah dalam menuntaskan buta aksara yang masih tinggi di Provinsi NTB.


    "Perempuan PGRI harus menjadi garda terdepan dalam pembangunan daerah," katanya.


    Sementara itu, Sekretaris PGRI Kabupaten Lombok Barat Gazir, S.Pd mengatakan bahwa organisasi PGRI ini merupakan lembaga terbesar di Indonesia.  Kedudukan organisasi BKP PGRI ini melakat dan tidak terpisahkan dari tingkat Nasional sampai daerah.


    "Semua program organisasi harus selaras dengan program PGRI," katanya.


    Organisasi ini lanjut Gazir harus mampu menggali potensi dan mengembangkan potensi seluruh perempuan.  Potensi yang digali antara lain harus mampu memberikan edukasi kepada anak bangsa, potensi sosial, seni dan Kebudayaan serta bagaimana memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). 


    "Kita harus membantu program pemerintah Lobar yakni Si Tebal  (Ayo belanja di warung teman sendiri Red)," katanya.


    Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat Hj. Khaeratun memilki harapan besar kepada organisasi ini agar memiliki peran sangat strategis memajukan pendidikan. Saat ini pemerintahan daerah sedang fokus menunrunkan angka stunting dan menekan angka nikah dini atau nikah di usia dini. 


    "Program ini bisa dimasukkan dalam program organisasi. Kita mempunyai posyandu keluarga. Disini organisasi ini bisa mengambil peran membantu dalam upaya pemberdayaan masyarakat," katanya.


    Yang dilantik sebagai  BKP PGRI Kabupaten Lombok Barat Barat ini sebagai Ketua Fauziah, sedangkan Sekretaris Sabariah.(red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kuliner

    +